Buat makalah

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Globalisasi adalah suatu proses dimana antar individu, antar kelompok, dan antar Negara saling berinteraksi. Bergantung terkait dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara. Dalam banyak hal globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering di pertukiarkan. Sebagaian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya pesan Negara atau batas-batas Negara.
kolang kaling
Menurut asal katanya, kata “Globalisasi” diambil dari kata global yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan globalisasi adalah suatu proses menjadikan suatu (benda atau prilaku) sebagai ciri dari setiap individu didunia ini tanpa dibatasi oleh Wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (Working definition) sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandang sebagai proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan Negara di dunia semakin terikat satu sama lain, mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru atau kesatuan koeksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomis dan budaya masyarakat.
Pendukung globalisasi (sering juga disebut dengan pro-globalisasi) menganggap bahwa globalisasi dapat meningkat kesejahteraan dan keamkmuran ekonomi masyarakat dunia. Mereka berpijak pada teori keunggulan komparatif yang dicetuskan oleh David Ricardo. Teori ini menyatakan bahwa suatu Negara dengan Negara lain saling bergantungan dan dapat saling menguntungkan satu sama lain dan salah satu bentuknya adalah ketergantungan dalam bidang ekonomi. Kedua Negara dapat melakukan transaksi pertukaran sesuai dengan keunggulan komparatif yang dimilikinya. Disamping pendukung globalisasi, ada juga kontra glovbalisasi atau disebut Antiglobalisasi, adalah suatu istilah yang umum digunakan untuk memapaskan sikap politis orang dan kelompok yang menentang perjanjian dagang global dan lembaga-lembaga yang mengatur perdagangan antar Negara seperti perdagangan dunia(WTO) anti globalisasi dianggap oleh sebagian oerang sebagai gerakan sosial. Sementara yang alinnya menganggapnya sebagai istilah umum yang mencakup sejumlah gerakan sosial yang berbeda-beda. Apapun juga maksudnya, para peserta di persatukan dalam perlawanan terhadap ekonomi dan sistem perdagangan global pada saat ini yang menurut mereka mengikis lingkungan hidup, hak-hak buruh, kedaulatan nasional dan banyak penyebab-penyebab lainnya.
B. Rumusan Masalah
Ditinjau dari berbagai latar belakang masalah yang sangat kompleks dari pengaruh globalisasi yang mengakibatkan dampak positif dan negatifnya dari latar belakang masalah tersebut yang telah terindentifikasi, masalah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s