Post hoc ergo propter hoc

Post hoc ergo propter hoc ( Latin : ” setelah ini , oleh karena itu karena ini ” ) adalah sebuah kekeliruan logis ( penyebab berbagai dipertanyakan ) yang menyatakan ” Sejak acara Y mengikuti acara X , Y event pasti disebabkan oleh peristiwa X. ” Hal ini Cara meluruskan rambut secara alami sering disingkat menjadi hanya posting hoc . Hal ini agak berbeda dari kesalahan cum hoc ergo propter hoc ( korelasi tidak berarti sebab-akibat ) , di mana dua hal atau peristiwa terjadi bersamaan atau urutan kronologis tidak signifikan atau tidak dikenal . Post hoc adalah kesalahan yang sangat menggoda karena urutan temporal tampaknya integral kausalitas . Kesalahan terletak pada datang ke suatu kesimpulan hanya berdasarkan urutan peristiwa , daripada memperhitungkan faktor-faktor lain yang mungkin menyingkirkan sambungan .
Isi
1 Pola
2 Contoh
3 Dalam budaya populer
4 Lihat juga
5 Referensi
Pattern
Bentuk hoc fallacy pos dapat dinyatakan sebagai berikut :
A terjadi , maka B terjadi .
Oleh karena itu , A menyebabkan B.
Ketika B tidak diinginkan , pola ini sering diperpanjang secara terbalik : Menghindari A akan mencegah B.
Contoh
” Saya tidak bisa membantu tetapi berpikir bahwa Anda adalah penyebab masalah ini, kita tidak pernah punya masalah dengan tungku sampai Anda pindah ke apartemen . ” Manajer rumah apartemen , pada tidak ada alasan lain selain prioritas temporal hunian penyewa baru , menyatakan bahwa kehadiran penyewa memiliki beberapa hubungan kausal dengan tungku menjadi rusak .
Dalam budaya populer
Episode kedua dari The West Wing , berjudul ” Post Hoc , Ergo Propter Hoc ” , memanfaatkan frase .
Dalam episode pertama musim ketiga dari The Big Bang Theory , ” The Electric Can Opener Fluktuasi ” , Sheldon Cooper menyatakan kepada ibunya bahwa dia melakukan kesalahan logis ini .
Dalam komik Dinosaur Comics berjudul Post Hoc Ergo Propter Hoc , T – Rex menunjukkan kesalahan logis ini dilakukan oleh Utahraptor .
Tim Minchin menjelaskan ungkapan ini dalam bukunya 2010 komedi khusus ” Ready For This . ”
Episode ketiga belas dari musim keenam dan terakhir dari ” Crossing Jordan ” menggunakan ” Post Hoc , Ergo Propter Hoc ” sebagai judul episode .
Dalam ‘ Keberuntungan ‘ musim 10 episode Smallville , Dr Emil Hamilton , saat disiksa oleh Amos Keberuntungan Untuk informasi , mengutip kalimat dan kemudian menjelaskan maknanya .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s