Malaria

Malaria adalah penyakit menular nyamuk manusia dan binatang lain yang disebabkan oleh parasit protozoans (sejenis uniseluler mikroorganisme) dari genus Plasmodium. Umumnya, penyakit yang ditularkan melalui gigitan dari terinfeksi perempuan Anopheles nyamuk, Obat tradisional malaria yang memperkenalkan organisme dari liurnya ke dalam sistem peredaran darah seseorang. Dalam darah, protista perjalanan ke hati untuk dewasa dan mereproduksi. Malaria menyebabkan gejala yang biasanya meliputi demam dan sakit kepala, yang dalam kasus yang parah dapat berkembang ke koma atau kematian. Penyakit ini tersebar di daerah tropis dan subtropis di sebuah band yang luas di sekitar khatulistiwa, termasuk banyak dari sub-Sahara Afrika, Asia dan Amerika.

Lima jenis Plasmodium dapat menginfeksi dan ditransmisikan oleh manusia. Sebagian besar kematian disebabkan oleh P. falciparum dan P. vivax, sementara P. ovale, dan P. malariae menyebabkan bentuk umumnya lebih ringan malaria yang jarang berakibat fatal. Knowlesi P. zoonosis spesies, lazim di Asia Tenggara, menyebabkan malaria di kera tetapi juga dapat menyebabkan infeksi berat pada manusia. Malaria lazim di daerah tropis dan subtropis karena curah hujan, suhu yang hangat dan perairan stagnan menyediakan habitat yang ideal bagi larva nyamuk. Penularan penyakit dapat dikurangi dengan mencegah gigitan nyamuk dengan menggunakan jaring nyamuk dan serangga repellents, atau dengan langkah-langkah pengendalian nyamuk seperti penyemprotan insektisida dan pengeringan berdiri air.

Malaria biasanya didiagnosa oleh pemeriksaan mikroskopis darah menggunakan film darah, atau dengan berbasis antigen tes diagnostik cepat. Teknik-teknik modern yang menggunakan reaksi berantai polimerase untuk mendeteksi parasit DNA juga telah dikembangkan, tetapi ini tidak banyak digunakan di daerah-daerah Gejala sakit maag endemis malaria karena mereka biaya dan kompleksitas. Organisasi Kesehatan Dunia telah memperkirakan bahwa pada tahun 2010, terdapat 219 juta kasus didokumentasikan malaria. Tahun itu, penyakit tewas antara 660.000 dan 1,2 juta orang, [1] banyak di antaranya adalah anak-anak di Afrika. Jumlah kematian yang sebenarnya tidak diketahui dengan pasti, karena data yang akurat tidak tersedia di banyak wilayah pedesaan, dan banyak kasus didokumentasikan. Malaria sering dikaitkan dengan kemiskinan dan mungkin juga menjadi penghalang utama bagi pembangunan ekonomi.

Meskipun kebutuhan, vaksin yang efektif tidak ada, meskipun upaya untuk mengembangkan salah satu sedang berlangsung. Beberapa obat tersedia untuk mencegah malaria di wisatawan ke negara-negara endemik malaria (profilaksis). Tersedia berbagai macam obat anti malaria. Malaria berat diperlakukan dengan kina intravena atau intraotot atau, sejak pertengahan-an, artemisinin artesunate turunan, yang unggul untuk kina dalam anak-anak dan orang dewasa dan diberikan dalam kombinasi dengan kedua anti malaria seperti mefloquine. Perlawanan telah dikembangkan untuk beberapa obat antimalaria; sebagai contoh, tahan klorokuin P. falciparum telah menyebar ke daerah-daerah paling malaria, dan muncul perlawanan terhadap artemisinin telah menjadi masalah di beberapa bagian Asia Tenggara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s